Senin, 07 Januari 2013

tips cara membuka keyboard dan tombolnya pada laptop

sedikit berbagi pengalaman untuk membuka / membongkar keyboard pada laptop yang pernah saya alami. ceritanya saya pinjem laptop dari teman awalnya laptop ga ada masalah pas saya pinjem setelah 1 hari tombol arah atas dan page down nya erorr kaya yang terus di tekan dan kadang tidak berfungsi. otomatis saya panik stengah mati takut harus beli keyboard baru.

saya sedikit nekad sajah untuk membongkar kayboard + tombolnya yang bermasalah meski tanpa pengalaman apapun.. langsung saja ya saya terlalu banyak bercerita.. hehee... ini hanya bagi yang pemula seperti saya.. mohon maaf pada master2 yang sudah banyak makan garam mungkin ini hal yang sepele.. hee..
sediakan dulu penjungkit yang bisa masuk ke sela sela kecil dan copot dulu battre laptop,.
congkel pelan-pelan bagian depan keyboard punya saya ada 3 titik penahan sebelah atas yang harus di lepas terlebih dahulu kemudian pindah ke bagian sisi, biasanya yang bawah tidak perlu.


setelah terlepas jangan sekaligus di angkat karna ada kabel fleksibel di bawahnya, copot kabel fleksibel dengan menarik dulu ujung soketnya yang berwarna hitam.


setelah terlepas mulai mencopot tombol dengan mencungkil sisi pada tombol (punya saya sisi sebelah kanan dulu) sampai terasa "krek" jangan hawatir itu bukan patah tapi haya lepas.. kemudian yang sebelahnya lagi.

setelah terlepas copot lagi penjungkit nya yang kaya gunting itu yang menhubungkan tombol dengan papan keyboard yang kaya huruf "X" dengan cara di congkel juga sebelah kanan dulu.
kalo mau di bersihkan, semua tombol harus di buka. dan "ingat jangan sampai lupa letak-letak posisi tombol tersebut.. tapi punya saya cukup di bersihkan dengan tiupan saja, karena ada hewan kecil yang masuk.

cara masangnya pasang dulu seperti ini

kemudian tempelkan sesuai posisinya dan tekan sampai bunyi dan terasa "krek".

setelah selesai pasangkan lagi flaksibelnya dengan benar dan hati-hati.. dan coba nyalakan kembali laptop kemudian cek..
t


sekian, mohon maaf bila ada bahasa yang kurang sopan dan kurang jelas dan terimakasih.. semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar